Menu

Studi di Arab Saudi

0 Comment

Studi di Arab Saudi, kursus Bahasa Arab di Indotelematika

 

Universitas Ternama di Arab Saudi

  1. King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM)

  2. King Saud University

  3. King Abdulaziz University (KAU)

    King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM)

    Saat ini, KFUPM memiliki program pertukaran dan / atau penelitian serta berkolaborasi dengan institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia diantaranya 12 Universitas di US dan Korea. KFUPM didirikan pada tahun 1963 di Dhahran, salah satu kota penting yang menjadi pusat industri minyak di Arab Saudi. Saat ini, KFUPM telah memiliki lebih dari 7000 pelajar dan hanya dikhususkan untuk pelajar pria saja (terbatas untuk pelajar wanita). KFUPM menempati peringkat ke-199 pada QS World University Rankings 2015 sekaligus peringkat pertama pada QS University Rankings Arab Region 2015. Universitas ini menawarkan berbagai macam program yang meliputi teknik, sains, dan bisnis. Berdasarkan hasil QS World University Rankings by Subject 2015, KFUPM termasuk dalam top ranking 200 terbaik di dunia pada bidang berikut: Ilmu Komputer, Matematika, Penelitian Statistik dan Operasional, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Listrik dan Elektro, serta Teknik Mesin. KFUPM merupakan salah satu universitas yang setiap semester rutin membuka kesempatan beasiswa untuk pelajar dari Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan meliputi jenjang S2 (Master) dan S3 (Doktor). Perlu dicatat bahwa universitas ini hanya menerima mahasiswa laki-laki dan bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris (pelamar tidak perlu mempunyai kemampuan bahasa Arab). Untuk melamar beasiswa pascasarjana (S2 & S3) dapat melalui jalur Assistantship atau Lecturership. Maksudnya saat anda melamar studi, anda juga dapat melamar menjadi Research Assistant atau RA(untuk pelamar S2) atau Lecturer-B (untuk pelamar S3). RA atau Lecturer-B merupakan staf universitas yang mempunyai kewajiban untuk membantu operasional departemen atau universitas. Beberapa contoh penugasan yang biasanya diberikan adalah mengajar praktikum atau program S1, mengawasi ujian, tugas administrasi, dan sebagainya. Jadi ada semacam kontrak kerja antara mahasiswa dan pihak KFUPM dimana kontrak tersebut perlu ditandatangani sebelum keberangkatan. Hampir semua mahasiswa S2 atau S3 (non-part time) dari luar Arab Saudi menjadi RA atau Lecturer-B.

    Nantinya para penerima beasiswa KFUPM akan mendapatkan cakupan pembiayaan sebagai berikut:

    1. Tanggungan biaya kuliah penuh
    2. Tunjangan hidup bulanan
    3. Tempat tinggal yang disertai AC
    4. Layanan medis gratis
    5. Textbook gratis
    6. Subsidi makanan pada kantin universitas
    7. Kesempatan untuk berpartisipasi dalam penelitian
    8. Pelaksanaan proyek yang didanai oleh universitas
    9. Tiket pesawat PP ke Indonesia setiap tahun
    10. Bis kampus
    11. Uang ketika pertama kali datang sejumlah 1800 SAR

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, anda juga dapat menghubungi pihak KFUPM pada kontak berikut:
King Fahd University of Petroleum & Minerals
Dhahran, 31261, Kingdom of Saudi Arabia,
Phone: +966 (3) 860 0000
Email: info@kfupm.edu.sa
Website: www.kfupm.edu.sa

King Saud University

 

King Saud University (KSU) adalah salah satu universitas riset dan penelitian terkemuka di Asia Barat. Didirikan pada tahun 1957 dan sejak saat itu telah mencapai keunggulan regional dan internasional, secara konsisten memposting skor tinggi di peringkat universitas. Universitas ini menawarkan berbagai program sarjana, profesional dan pascasarjana (S2 dan S3) dan sangat terkenal di bidang Kedokteran, Ilmu Hayat, Kimia dan Teknik. Ini telah mencapai banyak keberhasilan penting dalam penelitian dan inovasi dan fakultasnya sekarang mencakup banyak pakar internasional ternama. Kehadiran regional dan internasionalnya telah ditingkatkan melalui banyak kesepakatan dan proyek kolaborasi dengan universitas dan institusi penelitian besar di dunia. KSU telah memainkan peran penting dalam kehidupan ekonomi, sosial dan politik Arab Saudi dan tetangganya. Alumni termasuk banyak pengusaha kerajaan, akademisi dan pemimpin politik. KSU tidak membebankan biaya kuliah dan menawarkan beasiswa menarik kepada siswa Arab Saudi dan internasional.

King Abdulaziz University (KAU)

KAU memiliki lebih dari 42.000 pelajar dengan kampus yang terpisah antara pelajar pria dan wanita. Berlokasi di Jeddah dan didirikan pada tahun 1967 dengan arsitek terkenal dari Inggris John Elliot. Pada tahun 2015, KAU mendapatkan top rank dari QS World University Ranking by Subject untuk program Ilmu Komputer, Matematika dan Teknik Mesin. Selain program tersebut, KAU juga menawarkan berbagai macam studi termasuk Seni dan Desain, Humaniora, Sains, Kedokteran, Farmasi, Bisnis, Hukum dan Kedokteran Gigi. KAU menempati peringkat ke-303 pada QS World University Rankings 2015dan ke-4 pada QS University Rankings Arab Region 2015. Selain menawarkan berbagai macam program Sarjana dan Pascasarjana, KAU juga menawarkan program kuliah jarak jauh.

Beasiswa penuh dari KAU tersebut telah meliputi cakupan pembiayaan sebagai berikut:
1. Uang saku sebesar SR 1.900 per bulan
2. Tunjangan persiapan saat tiba pertama kali di Arab Saudi sebesar SR 1.800
3. Perawatan kesehatan gratis
4. Akomodasi dan fasilitas lainnya
5. Subsidi makanan
6. Tunjangan pencetakan Thesis sejumlah SR 3.000 untuk pelamar S2 dan pencetakan Disertasi sejumlah SR 4.000 untuk pelamar S3
7. Tunjangan pengiriman buku saat kelulusan sejumlah SR 2.700
8. Tiket perjalanan PP ke Indonesia setiap tahun (saat libur semester)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kontak berikut:
Prof. Fahad Alabbasi – Vice Dean for International Students
Tel: + 966(2) 6962929
Fax: +966(2) 6951281
E-mail: dgs.scholarships@kau.edu.sa
atau mengunjungi laman resminya pada: dgsscholarship.kau.edu.sa

Sumber : Indbeasiswa

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: